Data VoiceKabel Voice & Data  adalah tulang punggung dari setiap sistem komunikasi dan semuanya dimulai dari instalasi dan konfigurasi yang tepat. Instalasi kabel Voice & Data  yang tepat akan memberikan anda kenyamanan dalam mengunakan telekomunikasi dengan operasi bebas dari problem.

Salah satu lini produk kami adalah instalasi kabel voice & data yang mencakup Racking System, Raised Floor hingga layanan purna jual dalam bentuk Maintenance Service.Working Data

Pelaksanaan dan pemasangan berbagai jenis kabel, seperti kabel Voice, kabel Data, kabel Fiber Optic telah membuat PT. Gemilang Trada Protama dipercaya pasar di bidang telekomunikasi. Selama lebih dari dua puluh tiga tahun kami telah melaksanakan instalasi kabel di berbagai pelanggan dengan bidang usaha yang beraneka ragam.

Kabel Voice & Data standar termasuk Categori 5 (CAT5, CAT5e, CAT6) kami gunakan untuk mendukung sistem Voice & Data di perusahaan pelanggan yang membutuhkan kecepatan data berkapasitas tinggi serta Ethernet yang mendukung sistem LAN / WAN.

[restabs alignment=”osc-tabs-left” responsive=”false”]
[restab title=”Racking System” active=”active”]

WallmountFungsi Rack System : suatu media untuk menempatkan Passive Devices dan Active Devices, yang ditata secara terstruktur. Passive Devices adalah material utama Cabling Systems termasuk didalamnya Horizontal Copper, FO Cable serta Patch Cord beserta aksesorisnya, seperti : Copper Patch Panel, FO Rackmount Enclosure dan Wiring Management. Active Devices bisa berupa Server, Storage, UPS, EMS dan Network Devices, seperti : Switches, Router, Media Converter, Firewall, Bandwidth Management, MODEM, KVM Drawer atau KVM Switch. Namun perlu diperhatikan juga, bahwa semua Devices yang dipasang didalam Rack adalah Devices yang mempunyai tipe Rackmount.

Mengacu pada kebutuhan Rack Systems yang digunakan di Data Centre, maka Rack Systems merupakan infrastruktur utama yang harus ada dan terpasang rapi di dalam Data Center, penempatannyapun harus mengikuti kaidah-kaidah standar yang telah ditentukan, penentuan posisi Hot Area & Cold Area dibutuhkan untuk memperpanjang lifetime devices yang terpasang, selain itu khusus untuk Free Standing Closed Rack sebaiknya ditempatkan diatas Raised Floor / Access Floor.

Rack_JajaRack Systems, mempunyai 2 jenis ukuran lebar, 19″ dan 24″, Rack Systems berukuran 19″ biasanya digunakan untuk keperluan IT, sedangkan Rack Systems dengan ukuran 24″ banyak digunakan untuk penempatan equipment Telco.

Tinggi Rack Systems, dihitung berdasarkan : U (Unit) atau RU (Rack Unit) atau HU (High Unit), namun dipasaran lebih dikenal dengan istilah “U”. Ukuran 1U = 4,5cm atau 1.75″, dan untuk memudahkan pemasangan equipment di Rack Systems, maka 1U = 3 lubang Cage Nuts. Oleh pabrikan pembuatnya, Rack Systems diproduksi dalam beberapa ukuran 8U s.d 45U, namun  untuk  merk tertentu (Built-Up) ada yang memproduksi hingga ukuran 48U.

Rack Systems terdiri dari 3 tipe, dengan fungsi sesuai peruntukannya :

  1. Free Standing Closed Rack banyak digunakan untuk kebutuhan ruang Server / Data Center.
  2. Open Rack biasanya digunakan untuk instalasi Passive Devices atau instalasi perkabelan saja.
  3. Wallmounted Closed Rack umumnya sebagai IDF atau sub-instalasi jaringan antar lantai.

Dalam pendistribusiannya, Rack Systems tersedia dalam 2 opsi : Basic Rack dan Accessoris Rack. Basic Rack hanya terdiri dari struktur rangka dan pintu saja, sedangkan Accessoris Rack terdiri dari : Cooling Systems (Heavy Duty Fan), Vertical / Horizontal Cable Tray, Flat Shelf, Sliding Keyboard, Drawer, Wiring Management, Power Outlet dan Cage-Nut-Set (Set-of-3).

Racking System
Close Rack IRA Series  openrack Wallmount Rack IRA Series 9U - 12U
19” 42U Closed Rack Depth 1100mm (DBL Series) Black  19″ 42U Open Rack White Wallmount Rack IRA Series 9U – 12U

[/restab]

[restab title=”Raised Floor”]raisedfloorRaised Floor / Access Floor  adalah sejenis panggung yang terdiri dari rangka dan panel penutup berbentuk tile atau ubin persegi empat, yang dibuat secara presisi dengan standar internasional, fungsi utamanya untuk meninggikan suatu ruangan, dengan keunggulan sebagai berikut :

  • Mudah dipasang dalam waktu singkat
  • Ketinggian pedestal atau kaki-kaki penyangganya bisa diatur berdasarkan kebutuhan (adjustable)
  • Ubin atau panelnya kapanpun bisa diangkat (liftable)
  • Memungkinkan untuk dibongkar kembali saat akan direlokasi (removable)
  • Sebagai media ducting atau media distribusi udara untuk AC Presisi (Precision Air Conditioning) tipe Down Flow, dengan menambahkan Perforated Panel atau panel yang mempunyai lubang.
  • Ruang  kosong dibawahnya dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan, seperti : instalasi kabel (Data, Voice & Power Cable), instalasi pemipaan (Cooling Systems & Fire Suppression) dan instalasi control systems, sehingga ruangan tersebut akan terlihat rapi dari segi estetika, mengingat sistem perkabelan dan pemipaan  diruang Data Center sangat rumit, ditambah lagi banyaknya sensor dan Nozzle Fire Suppression, maka penggunaan Raised Floor / Access Floor sangat disarankan untuk mengatasi kerumitan, selain juga berfungsi sebagai Media Anti Statis.

Raised Floor / Access Floor banyak digunakan untuk kebutuhan :

  • Data Centre
  • IT Room / Ruang Server
  • Telco Room
  • Call Center
  • Control Room
  • Power Room & Battery Room
  • Training Room
  • Office Area
  • Studio Broadcasting
  • Laboratory
  • dan masih banyak fungsi lainnya

Rangka yang biasa disebut understructure, yang berfungsi sebagai kaki-kaki penyangga, dimana rangka Raised Floor / Access Floor terdiri dari Pedestal dan Stringer. Sedangkan panel berukuran 600 x 600 x 35 mm untuk menutupi keseluruhan rangkanya.[/restab][/restabs]